Jenis Kopi Indonesia Yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

10-02-2021

jasaimportmurah.com – Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Kolombia dan Vietnam. Pada tahun 2016, total produksi kopi di Indonesia diperkirakan mencapai 660.000 ton. Tidak hanya dari segi kuantitas, kopi yang berasal dari Indonesia juga terkenal dengan cita rasanya yang khas. Berbagai jenis kopi bisa kita temukan dengan mudah di Indonesia, dan saat ini sudah banyak kedai kopi yang menjual kopi arabika asli dan kopi arabika gayo Aceh.

Karena jenis kopinya yang beragam, Indonesia bahkan termasuk sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Orang Indonesia juga pecinta kopi. Bahkan bagi kebanyakan orang Indonesia, ada yang kurang jika tidak menyesap kopi di pagi hari. Karena masyarakat Indonesia sangat mencintai kopi, kini banyak kedai kopi bermunculan di seluruh pelosok kota.

Tidak hanya dalam bentuk minuman, kini banyak juga yang menawarkan jualan kopi bubuk original. Hal tersebut dipicu karena kopi sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Kini, sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan kualitas khasnya, tidak heran jika ada beberapa jenis kopi di Indonesia yang sudah mendunia. Aku penasaran kopi apa! Simak ulasannya berikut ini!

1. Kopi Arabika Gayo

Kopi arabika gayo sudah terkenal hingga mancanegara. Kopi jenis yang berasal dari Aceh ini memiliki tekstur yang lebih tipis dan tidak terlalu kental. Tingkat keasaman juga seimbang. Arabica Gayo cocok untuk kamu pecinta kopi. Biasanya masyarakat Aceh menghidangkan kopi ini dengan cara merebus air dalam panci hingga mendidih, kemudian dituangkan ke dalam gelas berisi susu dan gula.

2. Kopi Arabika Kintamani

Popularitas kopi jenis ini sudah merambah ke negara-negara Eropa, Jepang hingga Arab. Dan tujuan ekspor Kopi Arabika Kintamani adalah ketiga negara tersebut. Kopi ini memiliki rasa yang unik, hal ini dikarenakan didominasi oleh asam sitrat yang segar dan memiliki aroma bunga yang harum. Dimana tingkat ketebalan dan keasaman sedang.

3. Kopi Arabika Toraja

Kopi Toraja sudah menjadi kopi legendaris di Indonesia. Kopi jenis ini juga menjadi primadona di Jepang dan Amerika. Hal ini dikarenakan keunikan karakteristiknya, sesuai dengan selera orang Amerika dan Jepang. Yang menarik dari kopi Toraja adalah, sensasi rasa pahit yang ditimbulkan oleh biji kopi tersebut hanya di awal dan akan hilang dalam satu tegukan.

4. Kopi Arabika Jawa Ijen Raung

Kopi Arabika Jawa Ijen Raung diekspor pada tahun 2011, dan popularitasnya langsung melejit ke luar negeri. Tercatat hingga 2016 Indonesia mengekspor 43 kontainer atau setara dengan 858,91 juta ton kopi. Kopi jenis ini pun terkesan unik, rasanya sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Sedangkan tingkat keasamannya sedang, dan cenderung asam daripada jeruk.

5. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi liberika yang berasal dari kepulauan Meranti telah meraih sertifikasi indikator geografi, dan telah dinyatakan sebagai salah satu produk pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional Republik Indonesia. Kopi jenis ini sangat populer di Singapura dan Malaysia, dimana kedua negara tersebut menjadi tujuan ekspor utama.

6. Kopi Arabika Flores Bajawa

Meskipun jenis kopi ini memiliki konsistensi yang kental, namun memiliki keasaman yang rendah. Berbeda dengan mayoritas kopi di Indonesia, kopi arabika di kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur, memiliki rasa cokelat dan vanilla yang dominan dengan aftertaste yang sedikit pedas. Amerika merupakan negara tujuan ekspor kopi Arabika Flores Bajawa.

7. Kopi Robusta Temanggung

Aroma kopi ini cukup unik, dimana aroma tembakau dengan rasa pahit yang kuat mendominasi. Karena keunikannya inilah yang membuat kopi khas temanggung ini populer dan otentik. Dan kopi jenis ini telah merambah negara-negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *