Liburan Lebih Nyaman dan Menyenangkan Dengan Persiapan Ini

18-02-2021

Berita Terbaru – Saat Anda mendapatkan waktu istirahat atau mungkin sedang berlibur, Anda pasti ingin menghabiskan waktu untuk berwisata. Tidak heran jika banyak orang yang menunggu momen tersebut. Untuk membuat liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa harus mengeluarkan banyak uang. Istilah “ada harga, ada barang” biasanya menjadi ide utama saat akan berlibur. Namun, pemikiran itu tidak selalu benar. Liburan juga bisa dilakukan secara ekonomis dan tetap menyenangkan.

Kesenangan berlibur tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi liburan di Indonesia sangat luas dan banyak sekali tempat indah disini yang tentunya akan membuat liburan anda semakin hemat, menyenangkan, dan tentunya lebih dekat dengan keluarga anda. Nah, bagi Anda yang menginginkan liburan hemat dan menyenangkan, yuk simak tips berikut ini.

1. Lakukan Survei Lokasi Liburan

Sebelum pergi berlibur, Anda pasti harus memutuskan kemana tujuan Anda. Pastikan bahwa tempat yang ingin Anda kunjungi sesuai dengan ekspektasi. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku perjalanan, atau brosur dari agen perjalanan. Selain itu dengan melakukan survey kamu bisa mulai menghitung kisaran uang yang kamu butuhkan untuk liburan ke tempat yang akan kamu tuju, dan juga kamu bisa mengetahui apakah ada promosi atau diskon sehingga kesediaan kamu untuk menabung menjadi lebih mudah.

2. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan menentukan destinasi, kini Anda harus mulai memesan tiket transportasi, penginapan, atau pun tiket tempat wisata di lokasi jika ada. Umumbnya jika pemesanan dilakukan sebelum hari H, Anda bisa memperoleh harga spesial. Mungkin lebih murah atau bisa mendapatkan penawaran menarik lainnya selama liburan Anda.

3. Hindari Wisata Ketika Musim Liburan

Di sebagian besar tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal dibandingkan pada saat normal atau low season. Karena itu, Anda akan dapat menghemat lebih banyak jika Anda pergi sebelum atau sesudah musim liburan. Tentu saja Anda akan lebih leluasa jika pergi tidak saat musim liburan. Hal ini dikarenakan lebih sepi, sehingga Anda bisa lebih menikmati liburan.

4. Mengutamakan Kenyamanan Dibanding Kemewahan

Lupakan liburan mewah jika Anda ingin menghemat uang. Tapi jangan sampai karena kamu sangat hemat, liburan bakal tidak nyaman. Prioritaskan kenyamanan Anda, apakah Anda memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Selama nyaman, semua orang akan bahagia. Dan tentunya akan semakin asyik jika bisa berlibur dengan nyaman, mewah, tapi murah. Mungkin, tapi jarang.

5. Bawalah Uang Tunai

Selalu bawa uang tunai selama liburan Anda. Tentunya bukan untuk bersenang-senang, namun dengan membawa uang tunai, Anda akan lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan. Dengan membawa uang tunai, Anda bisa langsung melihat berapa sisa uang yang tersisa, sehingga Anda bisa berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Jika takut dicuri, cukup bawa uang secukupnya, tapi tetap bawa kartu debit dan kredit Visa atau MasterCard. Ini untuk membantu Anda saat Anda membutuhkan uang mendadak.

6. Catat Pengeluaran Selama Liburan

Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan, meskipun itu hal terkecil. Ini akan membantu Anda mengatur dan mengetahui ke mana uang Anda mengalir. Dengan mengetahui semua itu, kita bisa mengurangi kemungkinan kita menjadi boros dan boros, yang membuat liburan menjadi mahal.

7. Belanja Oleh-oleh

Ini harus menjadi poin terakhir dalam pikiran Anda, karena ini sering kali menjadi sumber pengeluaran terbesar Anda saat berlibur. Saat akan ke tempat liburan tentunya membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat di rekomendasikan agar kamu bisa mengingat momen liburanmu. Namun jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama jika tidak ingin kehabisan uang di liburan selanjutnya. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan lebih variatif dibandingkan toko oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *